Saturday, August 22, 2009

Tari Pendet jadi topik panas di Twitter

Untuk kesekian kalinya, topik bahasan netter asal Indonesia menjadi topik panas di situs microblogging Twitter. Tidak main-main, tiga kata kunci sempat masuk dalam sepuluh besar trending topics terkait rumor diklaimnya tari pendet asal Bali oleh Malaysia.
Ketiga topik tersebut masing-masing dengan kata kunci Pendet Dance, #pendetindonesia, dan BALI. Masing-masing sempat menempati peringkat topik terpanas ketiga, keempat, dan kelima.

Rata-rata pengguna Twitter asal Indonesia menolak klaim Malaysia terhadap tari pendet. Mereka juga terus menyebut bahwa tari pendet berasal dari Bali, Indonesia, dan bisa dicek di internet seperti melalui situs pencarian Google.

Munculnya topik-topik ini kemungkinan dipicu pemberitaan di salah satu situs media online, Rabu (19/8), yang menyebut Malaysia mengklaim tari pendet dalam iklan komersial pariwisatanya. Isu klaim budaya Indonesia oleh Malaysia termasuk tari pendet ini sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 2007.

Malaysia sejauh ini dituduh telah mengklaim beberapa kebudayaan asli Indonesia. Misalnya reog Ponorogo yang disebutnya sisingaan, tari barong yang disebut di Malaysia sebagai barongan, keris, angklung, batik, lagu "Rasa Sayange" yang berasal dari Ambon, dan lagu "Es Lilin" asli Sunda.

4 komentar:

aaa said...

Tes Komentar

coba said...

Mencoba komentar

MbahDoyok said...

malaysia sialannnnnnn

Daniel DPK said...

memang sudah seharusnya kita akhiri kontroversi klaim tari pendet karena pihak yang paling bertanggung jawab telah meminta maaf secara resmi kpd pemerintah indonesia....

dan tanpa mengurangi rasa nasionalisme, kasus ini menjadi sebuah pengalaman berharga bagi bangsa indonesia sekaligus sebagai proses pembelajaran agar kita lebih dewasa dan bersikap logis bukan hanya mengedepankan emosi belaka...

toh bangsa indonesia mendapatkan manfaat dari kasus ini...

Discovery Channel Menebus Kesalahan terhadap bangsa Indonesia : Program 30 Menit Tari Pendet

Post a Comment

Silahkan beri komentar disini, tapi jangan menyebarkan spam ya...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons